Monday, April 22, 2013

Cara mencari ide cerita

Mustahil menulis suatu cerita tanpa memiliki ide dasar cerita itu sendiri. Baik itu cerpen, cerita remaja, ataupun sekedar postingan di blog. Nah, admin sendiri yang selama ini kesehariannya selalu bermain dunia tulis menulis walaupun jelas hanyalah seorang penulis amatiran tetap membutuhkan ide untuk membuat suatu karya.


Dalam hal menulis ini lah, admin sering mengalami kemacetan ide atau bahan yang akan kita rangkai menjadi sebuah cerita. Jika hal itu terjadi, biasanya admin akan melakukan banyak hal untuk kembali menemukan ide itu sendiri.

Adapun caranya berikut admin share berdasarkan pengalaman admin sendiri dalam mencari ide cerita :


  1. Membaca .

    Yups, bener banget. Penulis yang baik adalah juga seorang pembaca yang baik. Terserah apa saja yang ingin di baca, namun intinya tetap sama. Membaca. Karena penulis kebanyakan menulis tentang kumpulan cerpen remaja, ataupun cinta so kebanyakan yang di baca novel romantis donk ya. he he he.

  2. Amati sekitar kita.

    Hei, tau nggak si. Kejadian demi kejadian yang ada di sekitar kita itu bisa di jadiakan rujukan ide cerita lho. Misalanya ni ya, pas nungguin angkot. Kita jadikan aja pembukaan cerita. "Menunggu itu adalah sesuatu yang sangat membosankan, terlebih jika yang kau tunggu itu sesuatu yang sama sekali tidak bermutu. Nungguin angkot lewat misalanya". :p . Khusus yang satu ini sebenernya sudah di praktekan sama admin. Dan jadilah cerita pendek cintaku salah sasaran. Yang mau baca juga silahkan klik tulisan barusan.

  3. Dengerin musik.

    Oho, diantara sebanyak banyak tips, menurut admin ini lah yang paling ampuh. Terlebih jika musik yang kita dengerin bisa kita hayati dengan semaksimal mungkin di tambah khayalan tingkat tinggi. Di jamin sebuah cerita akan muncul. Malah kadang kita bisa menciptakan songfic beneran. Untuk contoh sederhananya silahkan baca Songfic aku masih menunggumu.

  4. Memanfaatkan galau.

    Ho ho ho, di dunia ini siapa si orangnya yang nggak pernah ngalamin galau?. Penulis yakin pasti yang baca tulisan admin sekarang pada pernah mengalaminya. Kalau belum berarti anda orang yang cukup hebat dan cukup kuat. Karena galau biasanya banyak kan yang jadi setres n nggak bersemangat. Tapi ternyata galau ini juga bisa memberikan nilai positif lho, asal kita juga mau berfikir positif. Karena biasanya pas lagi galau, hati juga jadi melow. Di manfaatin ketulisan pasti pas banget. Berikut contoh hasil mengalau admin sehingga terciptalah cerpen galau bahagia itu kita yang rasa ataupun puisi galau dikala sepi
Oke deh, sepertinya cukup 4 tips yang admin berikan untuk saat ini mengenai cara mencari ide cerita. Kapan kapan admin akan muncul lagi tentunya dengan membawa aneka tips. entah itu tips kecantikan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat ataupun tips cara menulis cerpen .

Apapun tips nya yang penting bisa bermanfaat. Bener nggak.... ^_^

3 comments:

  1. idenya bagus tapi maksudnya memanfaatkan GALAU gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pribadi si, pada dasarnya saat galau itu justru malah banyak ide - ide yang bermunculan. Nah, manfaatkan itu maksutnya, pas lagi galau galaunya lah kita nulis.
      Hasilnya mungkin kebanyakan melow, tapi kalau mau sedikit di olah pasti hasilnya lebih bagus.
      Kalau nggak pecara, langsung praktek aja... ^_^

      Delete